Minggu, 23 Desember 2007

Saat Hari Hujan...

Dari tadi pagi jam 6 an, sampai sekarang jam 2, langit kota Mataram masih setia dengan hujan. Bahkan sekitar jam 10-an sangat deras sekali, sampai rumah bocor ;-). Sebenarnya saya berniat pergi ke atm. tapi karena masih hujan, jadinya nongkrong aja di teras. saat duduk itu sambil memandangi hujan, saya teringat, bahwasanya saat turun hujan, adalah waktu dikabulkannya do'a oleh Allah SWT. langsung saja saya berdoa banyak hal kepada Allah (apa aja? rahasia dunk;-).
Ternyata saya sudah lama lupa tentang hal ini. karena akhir-akhir ini klo pas hujan, terkadang yang sering timbul adalah keluh kesah karena hujan. yang gak bisa pergi kerja lah (klo hujannya pagi), yang gak bisa pulang lah, yang jemuran gak kering lah (klo hujannya siang), yang kebasahan lah(he...he, karena kami baru punyanya motor) dlll. Memang manusia itu suka mengeluh ya? Astaghfirullah.
Padahal saat hari hujan, adalah saat turunnya rahmat Allah ke bumi, sehingga bila kita berdoa pada saat tsb, Insya Allah, dikabulkan. Jadi stop mengeluh, mari syukuri dan berdoa.
Sahabat, berikut ini nukilan dari buku : Kumpulan Do'a dari Al Qur'an dan As Sunnah yang Shahih karya Ust. Yazid bin Abdul Qadir Jawwas, terbitan Pustaka Imam Syafi'i. (Nukilan ini sebagai pengingat diri dan kita semua).
Adapun waktu, keadaan, dan tempat dikabulkannya do'a yaitu :

  1. Malam Lailatul Qadar
  2. Pertengahan malam terakhir , ketika tinggal sepertiga malam yang akhir
  3. Duburush shalawaatil maktuubah (akhir shalat-shalat wajib)
  4. Waktu antara adzan dan iqamah.
  5. Pada saat setiap kali dikumandangkan adzan
  6. Suatu waktu pada setiap malam hari
  7. Pada saat turun hujan
  8. Pada saat jihad fii sabiilillaah
  9. Suatu waktu pada hari jum'at
  10. Ketika bersujud (dalam shalat)

dst, ada 38 poin lho. (BTW, baca sendiri lanjutannya yaaa ;-)

.

Tidak ada komentar: